Sabtu, 28 Maret 2020

Selain AC Mobil Tidak Dingin, Ini Masalah AC yang Sering Muncul!

Bisa dikatakan bahwa AC adalah komponen mobil yang cukup penting. Keberadaan AC berhubungan erat dengan kenyamanan berkendara. Ya, dengan AC mobil yang menyala, hawa sejuk akan terasa sepanjang perjalanan. Namun, komponen ini cukup sering bermasalah, salah satunya adalah AC mobil tidak dingin.

Selain AC Mobil Tidak Dingin, Ini Masalah AC yang Sering Muncul!

AC yang tidak dingin memang cukup menjengkelkan. Anda akan merasa pengap berada di dalam mobil dan tentu saja perjalanan menjadi kurang nyaman. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya masalah AC mobil tidak hanya AC yang dingin. Ada beberapa masalah AC mobil yang juga perlu dimengerti.

Apa saja? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Masalah AC Mobil
Ada beberapa masalah AC mobil yang perlu diketahui. Dengan mengetahui beberapa masalah tersebut, tentu Anda bisa melakukan pemeliharaan dengan baik. Nah, selain masalah AC mobil tidak dingin, beberapa masalah serupa adalah sebagai berikut:

1) AC bau saat pertama dinyalakan
Fungsi utama AC adalah menghilangkan bau di bagian kabin mobil. Dengan AC yang menyala, udara akan menjadi lebih bersih dan lebih wangi. Namun, bagaimana jika AC justru mengeluarkan bau yang kurang sedap? Nah, kondisi ini bisa muncul terutama karena adanya jamur di bagian evaporator. Oleh karenanya, komponen ini harus selalu dibersihkan.

2) Hembusan udara kurang kencang
Masalah lain yang cukup sering terjadi pada AC mobil adalah hembusan udara yang kurang kencang. Ya, ini adalah masalah utama yang pasti akan sangat menganggu karena AC tidak akan terasa dan hawa sejuk tidak akan maksimal. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah filter yang kotor sehingga harus dibersihkan dengan teratur.

3) Kabin basah
Selain masalah AC mobil tidak dingin, salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah kabin yang basah. Ini adalah masalah yang cukup serius dan pasti akan membuat perjalanan yang tidak nyaman. Kabin yang basah adalah tanda bahwa ada kebocoran pada saluran penampung AC. Oleh karenanya, Anda perlu mengecek kondisi saluran penampungan untuk memastikan masalah ini tidak terjadi.

4) Blower berisik
AC biasanya akan menghembuskan angin tanpa adanya suara. Namun, pada kondisi tertentu, blower AC mobil akan mengeluarkan suara yang begitu berisik. Suara ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan. Blower yang berisik adalah tanda bahwa ada bagian dari blower yang tidak beres. Umumnya, bagian sirip blower ada yang patah.

Jika kondisi ini terjadi, maka Anda harus melakukan pengecekan pada bagian blower. Tentu, penggantian diperlukan jika memang kerusakan sudah terlampau parah.

Beberapa kerusakan di atas sebenarnya adalah masalah umum yang terjadi pada AC. Tentu, Anda bukan hanya waspada pada AC yang tidak dingin, namun juga beberapa masalah di atas. Nah, jika masalah tersebur muncul, segeralah untuk service AC mobil agar kerusakan tidak telanjur parah.

Deskripsi: service AC mobil perlu dilakukan karena ada beberapa kerusakan pada AC mobil yang bisa terjadi. Service yang berkala tentu menghindari kerusakan yang parah.