Sabtu, 29 Februari 2020

Tips Cek Pembayaran BPJS Kesehatan untuk Pegawai


Tips Cek Pembayaran BPJS Kesehatan untuk Pegawai - Defisit BPJS telah menjadi berita hangat sejauh ini. Sebagai tanggapan, pemerintah mengambil langkah tegas untuk memulihkannya. Salah satunya dengan menaikkan biaya BPJS tahun mendatang. Berita ini tentu saja menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat.

Tips Cek Pembayaran BPJS Kesehatan untuk Pegawai


Terutama untuk peserta BPJS independen yang secara teratur membayar biaya. Banyak orang kemudian bingung dan bertanya apakah lebih baik membeli asuransi atau tetap dengan BPJS. Jika itu, kabar baik untuk Anda adalah dengan Cek Pembayaran BPJS Kesehatan.

Anda dapat bertanya kepada para ahli dalam mengelola keuangan atau Perencana Keuangan Anda melalui fitur Konsultasi Keuangan dalam aplikasi Keuangan saya. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Beberapa Cara Memeriksa Tagihan Kesehatan BPJS
Ditengah meningkatnya biaya BPJS yang kacau, ternyata ada fakta-fakta mencengangkan yang terungkap. Diketahui bahwa ada begitu banyak peserta yang tidak membayar iuran setiap bulan. Kondisi ini bukan hal yang baik untuk BPJS itu sendiri, sehingga peserta harus tertib dalam melakukan pembayaran.

Sebagai peserta, Anda tentu harus memperhatikan batas waktu pembayaran. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada masalah terkait dengan penagihan BPJS.

Apa Saja Tips Cek Pembayaran BPJS Kesehatan untuk Pegawai?

Untuk memeriksa jumlah tagihan BPJS, peserta dapat mencari tahu dalam beberapa cara, seperti berikut ini.

SMS Gateway
Layanan SMS Gateway tersedia dua arah, sehingga peserta dapat cek pembayaran bpjs kesehatan mereka serta keanggotaan. BPJS sendiri telah memberikan nomor layanan khusus. Peserta BPJS dapat menggunakan ini untuk mendapatkan informasi tentang jumlah tagihan yang harus dibayar.

Untuk tagihan, Anda dapat mengirim SMS dalam format:
<spasi> Tagihan Nomor Kartu Keanggotaan BPJS
Sedangkan untuk pengecekan peserta dapat mengirim SMS dengan format:
NIK/NOKA/NIP <spasi> Nomor KTP Nomor Kartu BPJS/Nomor Utama Karyawan
ATM Bank
Metode ini bisa dibilang kurang efektif bagi kebanyakan orang. Karena para peserta harus mengunjungi mesin ATM untuk memeriksa tagihan BPJS. Meski begitu, tidak ada salahnya Anda menggunakan fasilitas pengecekan tagihan yang satu ini.

Secara online
Pemeriksaan online hanya dapat dilakukan melalui situs resmi BPJS. Setelah memasuki situs, klik Periksa Kontribusi Peserta. Anda harus memasukkan data lengkap, dalam bentuk nomor kartu, tanggal lahir, dan mengklik tombol validasi.
Hitung Tanggungan BPJS Kesehatan
Setelah mengetahui cara memeriksa, Anda juga perlu tahu bagaimana tanggungan Anda dihitung. Pemerintah telah menetapkan jumlah tanggungan per keluarga yang ditanggung oleh perusahaan dan mandiri, yaitu sebagai berikut.

Pegawai pemerintahan
Aturan kontribusi BPJS memang membagi peserta menjadi 2 kategori, yaitu pegawai pemerintah dan non-pemerintah. Kedua kategori perusahaan ini memiliki perhitungan sendiri, berbeda dari kontribusi independen.

Untuk pegawai pemerintah, kontribusi nominal adalah 5% dari total gaji pokok beserta tunjangan keluarga. Ini berlaku untuk pegawai negeri, TNI dan Polisi.

Sementara itu, pegawai pemerintah di luar kategori akan dikenakan biaya maksimum 2 kali lipat PTKP K/1.

Pegawai swasta
Berapa tingkat kontribusi untuk karyawan swasta yang ditanggung oleh perusahaan? Harap dicatat, perusahaan wajib menanggung 5 anggota keluarga dari setiap karyawan. Kelima orang itu adalah karyawan, pasangan, dan 3 anak. Jumlah kontribusi antara pegawai negeri dan swasta sebenarnya sama, yaitu 5%. 

Hanya saja, 4% dari kontribusi dibayarkan oleh perusahaan dan 1% oleh peserta sendiri. Perhitungan ini menyesuaikan gaji setiap karyawan. Itulah ulasan tentang tips Cek Pembayaran BPJS Kesehatan untuk pegawai. Semoga bermanfaat.