Selasa, 22 Mei 2018

Kenali Mencret pada Kelinci serta Tutorial Menanggulanginya

Mencret alias diare pada kelinci biasanya disertai dengan kembung pada perut kelinci. Apabila tak diobati, maka kelinci tersebut bisa mati dalam keadaan kembung.

Kenali Mencret pada Kelinci serta Tutorial Menanggulanginya

Penyebab
Tidak seimbangnya antara serat, protein, lemak, serta gizi lainnya dalam pakan kelinci. Kami wajib sadar bakal pentingnya pelet
.
Kotornya kandang serta lingkungannya, jadi bakteri masuk kedalam tubuh kelinci melewati
  • udara/makanan.
  • Angin malam.
Cuaca yang tak lebih baik.
Berganti-ganti makanan dengan cara drastis. Mungkin sama saja saat orang sunda makan makanan padang.

Kotoran berwarna hijau serta semacam Jelly, penyebabnya terlalu tak sedikit serat/ sayuran hijau yang tak dibarengi dengan lemak serta protein. Pengobatannya diberi hay (sayur yang sudah dilayukan)

Gejala
Mata Sayu, Kelinci tak lebih aktif, Gigi bergesek-gesekan jadi memunculkan bunyi. Faktor ini sebab kelinci sedang menahan sakit, kelinci haus semakin, kotoran kelinci agak padat serta encer.

Pengobatan
peternak bisa melepaskan kelincinya di peternakan serta menjemurnya di pagi hari. Tidak hanya itu juga bisa dicoba diberi penyegar cap kaki 3 alias flagyl. Biasanya mencret dimulai dengan sakit kembung, tak lebihi makanan basah, pertidak sedikit hay/pellet, simpan ditempat tertutup serta beri lampu 5 watt. Biasanya kelinci ketidak lebihan cairan serta vitamin saat terkena mencret. Kelinci yang mencret boleh diberi minum, tapi dalam jumlah yang sedikit supaya tak memperparah kembungnya. Boleh juga diberi vitamin B12. Tidak hanya itu biasanya kelinci yang mencret/kembung tak mau untuk makan, jadi ada baiknya diberi susu.

Untuk penangan serta perawatan lebih lanjut silakan hubungi dokter fauna terdekat.